Membiasakan gemar membaca Al-Qur’an

Santri Putra dalam acara hataman Al-Qur'an

Santri Putra dalam acara khataman Al-Qur'an

Pesantren Nihayatul Amal Sumberjaya memiliki tradisi khataman Al-qur’an sebulan sekali yang dilaksanakan setiap malam jum’at pekan pertama. Tradisi khataman ini (tadarusan bersama-sama antara ustadz dan santri-santri), bertujuan agar para santri terbiasa dan gemar membaca Al-Qura’an sebagai kitab suci dan pedoman hidup umat islam. Selain untuk memupuk kecintaan santri terhadap gemar membaca Al-Qur’an, khataman ini juga telah menjadi agenda pesantren tiap bulannya. membaca Al-Qur’annya sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta tartil.

Inspirasi di adakannya kegiatan ini berasal dari Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA). Salah satu pengelola pesantren pernah bertemu langsung dengan Rektor Unsika bapak Drs. Dadang Fachrudin, MM  dalam sebuah acara, beliau mengungkapkan kiat-kiat suksesnya dalam memimpin Unversitas tersebut dan di antara kiatnya adalah khataman Al-Qur,an setiap satu bulan sekali yang di ikuti oleh segenap civitas akademisi mulai  Rektorat dan jajarannya sampai dengan para dekan fakultas serta dosen-dosen Unversitas Singaperbangsa Karawang. Semoga acara khataman Al-Qur’an ini dapat memperkuat keimanan santri-santri terhadap kitab suci Al-Qur’an  serta menumbuhkan kecintaan gemar membacanya.

Santri Putri

Santri Putri sedang khusu dalam membaca Al-Qur'an

10 comments on “Membiasakan gemar membaca Al-Qur’an

  1. al quran menjadi pegangan hidup kita, yang mana bila kita membaca, memahami serta menerapkan ajaran-ajaran nya dalam kehidupan sehari-hari maka insyaallah hidup kita tenang sampai tujuan akhir.

    • Wa’alaikum salam… Terimakasih kunjungannya…. itu merupakan niat yang mulia.. ayo pak wujudkan.. selama usaha terus menerus insya Allah bisa..!

  2. Assalamu’alaikum,
    Sebuah kegiatan yang harus terus dikembangkan. Awalnya gemar membaca, tapi selanjutnya harus ditanamkan nilai-nilai Al-Quran itu melalui pemahaman yang mendalam tentang isinya. Sebagai pedoman hidup, Al-Quran harus dipahami agar bisa diamalkan.
    Terima kasih.
    Wassalam.

  3. wa’alaikum salam.wr.wb… benar sekali apa yang bapak sampaikan dan itu juga tujuan kami selanjutnya.. mohon doa dan bimbingannya agar kami bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari2… terimakasih. Wassalammu’alaikum..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s